FISIKA BANGUNAN PABRIK

  •  31/10/2023 02:00 PM

Fisika bangunan adalah mata kuliah dari arsitektur, sedangkan Teknik sipil umumnya tidak mendapatkan hal ini. Faktanya bangunan pabrik, jarang mendapatkan sentuhan arsitek, terkecuali bangunan tersebut menjadi satu kompleks dengan kantor, dan sebagainya.

DESIGN ATAP PENYERAP BUNYI

  •  19/10/2023 01:00 PM

FIRM telah lama men-desain gedung pada areal produksi / generator room / turbine generator house dengan sistem dinding yang berlapis, dimana hasil output dari suara yang lolos telah tersaring / dikurangi hingga memenuhi persyaratan ambang suara batas polusi. Ini yang disebut polusi suara keluar.

DESIGN PORTACAMP NON-COLOUMN

  •  09/10/2023 02:00 PM

Portacamp dengan system sandwich panel umumnya mempunyai struktur kolom, baik dengan PEB light ( baja instan ) maupun dengan struktur baja konvensional. FIRM telah mengerjakan banyak proyek dan design portacamp non column, artinya dinding sandwich panel dipakai sebagai load bearing wall, dimana dinding ini dianggap menahan beban.

ROLL ON SITE (ROS)

  •  03/10/2023 11:00 AM

Kebutuhan untuk atap metal dengan produksi tanpa sambungan pada bangunan tertentu mempunyai tantangan, alasan, dan tuntutan kemampuan. Model roll on site ini adalah kurang lebih sama seperti memindahkan fabrikasi dari pabrik ke lapangan, seperti halnya konstruksi baja bisa dilaksanakan di pabrik lalu dibawa dengan truk untuk barang jadinya, atau bisa di fabrikasi di lapangan.

MENGENAL SCREW FASTENER

  •  26/09/2023 03:00 PM

Dengan pengalaman FIRM ( façade international roof metal ) selama hampir 15 tahun dalam bidang atap metal, cold form, maka pengalaman kami tentang screw fastener sudah sangat mendalam, maka kami berniat untuk membagikan pengalaman kami mengenai hal ini, yang banyak sekali orang tidak mengerti, terutama penggunanya. Dengan mengutip dari all fasteners, maka jauh lebih mudah kami menerangkan nya.

DESIGN GUTTER/TALANG

  •  19/09/2023 04:00 PM

Gutter dikenal juga sebagai talang air, dimana talang air pada FIRM bisa dibuat dengan beberapa bahan, yaitu : zincalume, galvaniz, alumunium, stainless steel, fiberglass

DESIGN REAL ESTATE PORTACAMP

  •  11/09/2023 09:00 AM

Portacamp yang sekarang sedang berkembang baik berasal dari China ( import ) maupun dari produksi local mengalami fase pertumbuhan penjualan yang baik, khususnya yang sedang dialami oleh FIRM, dimana FIRM mulai menjajaki beberapa proyek skala cukup besar, bukan hanya satu gedung, tapi mulai mendesign untuk satu kompleks, dalam artian semacam real estate kecil, dimana di dalamnya ada banyak gedung dan fasilitas

BASE PLATE

  •  05/09/2023 09:00 AM

Base plate merupakan koneksi / perantara / tempat dudukan antara tiang / kolom baja dengan pondasi di bawahnya, baik dengan pedestal maupun non pedestal. Adapun base plate rata-rata mempunyai ukuran minimal 10 mm, dengan size ukuran yang berbeda-beda.

SELF DRILLING SCREW & kelas C 3

  •  25/08/2023 10:00 AM

SELF DRILLING SCREW / SDS adalah screw yang bekerja dengan sendiri, bergerak berputar sendiri dengan bantuan mesin bor, bukan berarti dia bergerak sendiri, tetapi lebih kearah tekanan yang diberikan, bukan di pukul seperti hal nya paku kayu, atau ditembak seperti halnya gun rivert.

BAJA KONVENSIONAL VS BAJA PEB LIGHT

  •  21/08/2023 02:00 PM

Pada konvensional yang sederhana, khususnya yang dibuat oleh bengkel las kecil / menengah, umumnya mereka bekerja berdasarkan asumsi atau feeling, kadang bisa juga menjiplak gedung lain dan dirasakan selalu cukup kuat. Hal ini bisa menjadi suatu pemborosan, tapi juga bisa menjadi kebetulan kuat karena safety faktor baja umumnya adalah 1,5% alias kemampuan strukturnya dinaikan 50% dari seharusnya.

MENGENAL BAJA INSTAN ( PEB LIGHT )

  •  15/08/2023 01:30 PM

Baja dalam konstruski, umumnya ditemui dalam bentuk Light Gauge Steel atau baja ringan. Struktur baja ini tersusun atas batang-batang baja profil lebih ringan dibanding baja pada umumnya. Karenanya, baja ini bisa menghasilkan berbagai desain dengan pengerjaan lebih mudah.