16 Feb
FLASHING ENDCAP

Flashing endcap merupakan flashing / nok samping merupakan penutup antara atap dengan gording, dengan fungsi sebagai : penahan air hujan mengalir di dalam C channel / gording, sebagai pemanis / estetika. 

Flashing end cap ini juga bisa merupakan estetika, mungkin atapnya polos alias non color, tetapi dengan end cap berwarna, tentu memberikan kesan tersendiri.

Flashing ini bisa disesuaikan ukuran sayap bagian atas sesuai dengan jatuhnya pada gelombang atap. FIRM terbiasa mengerjakan hal ini, mungkin flashing end cap bagian depan bangunan dengan belakang bangunan bisa berbeda, karena pemasangan umumnya dari satu arah ke arah lain, dengan ukuran gording yang berbeda, mulai dari C 100, C 125, C 150, bahkan C 200 ( PEB light ).

Pemasangan end cap / gable ini membutuhkan satu keterampilan dan harus memenuhi persyaratan safety, bisa dengan orang yang berdiri paling ujung, atau dengan bantuan crane / manlift. 

Pada posisi tekukan di atas FIRM sangat menyarankan agar ada screw pada posisi bawah gording, sehingga bila pemasangan dengan berdiri, atau tidur di atap sambil memegang bor tentu berbahaya, untuk screw pada dinding flashing end cap ( tertera huruf B pada gambar di atas )  maka harus ada tambahan gording longitudinal.

Komentar
* Email tidak akan dipublikasikan di situs web.