27 Nov
ATAP ALUMUNIUM

Atap dengan bahan alumunium, sudah lebih dulu dipakai di Indonesia dibanding dengan atap zincalume, dimana harga atap ini dulu lebih mahal dari pada atap asbes tetapi mempunyai banyak kelebihan. 

Saat ini masih ada beberapa bangunan yang mensyaratkan penggunaan atap alumunium, seperti industry dan gudang pupuk, kandang ayam skala besar,  industry dan gudang kimia, industry dengan penguapan air / garam skala besar, bangunan asimetris ( kubah, dan lainnya )

Alumunium yang umum dipakai adalah A3003 / A3105 dengan temper ( kekerasan H 14 – H 18 ), dimana kebanyakan yang dipakai adalah kulit jeruk & flat warna. A 3003 adalah berasal dari bijih alumunium murni, sedangkan A 3105 umumnya berasal dari scrap alumunium. 

Atap alumunium mempunyai karaktek atau kelebihan, diantaranya yaitu  :

  • Kelenturan / sifat lunak / mudah dibentuk

Kelenturan ini yang banyak dipakai sebagai atap standing seam, dimana modelnya bisa melengkung, dan mengerucut ( tapered ), banyak dipakai di stadion, airport, dan lainnya. FIRM memegang licience untuk atap standing seam dengan penggunaan model seperti ini.

  • Sifat yang tahan korosif terhadap kimia dan pupuk

Model ini tidak memerlukan sistem atap seperti di atas, tapi lebih kearah ketahanan bahan terhadap karat, bentuk embossed seperti kulit jeruk, dimana model kulit jeruk ini sengaja diciptakan khusus untuk perkerasan, dan anti silau.

  • Bisa diwarna

Warna yang digunakan umumnya adalah PVDF / PVF2, dimana atap ini banyak dipakai di marine / pinggir laut, atau di atas gunung untuk geothermal power plant, dimana H2S yang begitu tinggi, atap harus mempunyai ketahanan terhadap karat yang tinggi, dan harus berciri khas ( warna ), ketahanan warna pun harus bertahan lama.

Adapun kelemahan dari atap alumunium ini :

  • Mudah penyok atau lunak

Hal ini memerlukan penanganan yang ekstra hati-hati, menginjak atap ini pun harus tepat diatas gording

  • Mudah flek atau bercak

Untuk atap non color, maka penumpukan atap harus tetap diberikan kemiringan, dan tidak boleh ada air tergenang di dalamnya, bila air terperangkap di dalamnya, maka akan menimbulkan noda flek hitam pulau

Komentar
* Email tidak akan dipublikasikan di situs web.